Selamat Datang di Website SUPM Negeri Tegal

Rekayasa Alat Peraga Instalasi Penerangan dan Tenaga (Eddy Mustono)

 Tegal, April 2015
Alat peraga pada pembelajarkan suatu keterampilan memiliki peran yang sangat strategis. Alat peraga dapat menjembatani penerapan konsep pengetahuan dan keterampilan yangt harus dikuasai siswa. Untuk itulah, Eddy Mustono, S.St.Pi (38) terus berupaya merancang dan merekayasa sebuah alat peraga yang diperlukan dalam pembelajaran listrik kapal penangkap ikan di SUPM Negeri Tegal semester II, III, dan VI. Salah satu guru muda yang rajin di instalasi listrik ini, memang dikenal tekun dan inovatif merekayasa teknologi listrik, baik untuk kebutuhan pembelajaran, maupun penerapan pada instalasi kantor, asrama, bahkan instalasi budidaya.

 Beberapa waktu yang lalu, Eddy bersama teman-teman juga telah membuat untuk menggerakkan motor listrik 3 phase pada motor penggerak kincir di tambak busmetik SUPM Tegal dengan menggunakan sumber tegangan listrik 1 phase (220 volt AC). Alat ini dapat mengubah motor listrik yang seharusnya menggunakan tegangan listrik 3 phase cukup dengan menggunakan sumber tegangan 1 phase, yaitu dengan menambahkan kapasitor dan alat pengaman. Dalam perekambangannya, teknologi tepat guna telah diterapkan di beberapa petani tambak di sekitar wilayah Tegal, Pemalang, dan Brebes.
Ini kali, Edy bersama membuat alat peraga instalasi penerangan dan instalasi tenaga. Alat ini sangat membantu dalam pembelajaran instalasi listrik kapal penangkap ikan pada siswa. Pengerjaan alat ini, juga melibatkan siswa, sehiongga siswa secara langsung dapat memahami dan merancang sebuah instalasi sebagaimana tuntutan keterampilan yang harus ia kuasai.


Penggunaan alat peraga ini sangat sederhana, sebab siswa hanya merangkai dengan cara memasang dan melepas jak pada terminal yang telah ada. Pada alat peraga ini juga terlihat rangkaian instalasi dan komponen-komponen yang dapat dijelaskan pada siswa. Dengan demikian, siswa akan secara cepat dapat memahami konsep intalasi pada kapal penangkap ikan.

No comments:

Post a Comment