Selamat Datang di Website SUPM Negeri Tegal
SUPM Tegal Selenggarakan Uji Kompetensi Keahlian

Tegal, 2 September 2014
 Uji Kompetensi keahlian (UKK) kembali diselenggyang arakan oleh Tempat Uji Kompetensi (TUK) SUPM Tegal pada 2 September yang lalu. Uji kompetensui untuk mata uji kompetensi Penanganan Ikan Pelagis Kecil di Atas Kapal itu diikuti oleh 43 peserta Anak Buah Kapal (ABK) dari PT. Salomindo Indonesia, Jakarta.

Pada pembukaan uji kompetensi itu, Kepala SUPM Tegal memberikan arahan dengan menekankan pada pentingnya sertifikasi bagi para ABK.
“Era sekarang adalah era sertifikat. Segala bidang keterampilan memerlukan sertifikat. Jadi serifikat akan menentukan kedudukan seorang pekerja, “ ujar Anasri, A.Pi, M.Si.
Usai pembukaan ujian pun dilaksanakan hingga pukul 16.00. Uji kompetensi yang meliputi ujian praktek dan  lisan itu berlangsung dengan tertib.
Ketua TUK SUPM Tegal, Maskuri, S.Pi, M.Si mengatakan bahwa sertifikat UKK ini penting ABK yang hendak bekerja di kapal luar negeri.
“Sebab sertifikat UKK inilah yang dijadikan persyaratan untuk mendapat Kartu Tanda Kerja (KTK) yang dikeluarkan oleh Kementerian Luar Neger. Sertifikat UKK ini dikeluarkan oleh BNSP melalui LSP KP,” ujar Maskuri.

Menurut Maskuri, permintaan UKK di SUPM Tegal dari para ABK memang terus berdatangan. Untuk itu, ke depan TUK SUPM Tegal akan terus melakukan sosialisasi dan menjalin kerja sama dengan para perusahaan dan kelompok nelayan dalam rangka membantu para nelayan melengkapi sertifikat yang dibutuhkannya.

No comments:

Post a Comment