Selamat Datang di Website SUPM Negeri Tegal
Menumbuhkan Kebersamaan dalam Perkemahan

 Tegal, 7 September 2014
Di kawasan yang sejuk dan rindang, di tengah perkebunen PTPN 9 Agrowisata Kebun Teh Semugih, Kecamatan Moga, Kabupaten Pemalang, sejak tanggal 7 s.d. 10 September yang lalu, sebanyak 206 anggota pramuka penggalang siswa baru SUPM Negeri Tegal mengikuti perkemahan pramuka. Kegiatan yang dikemas dengan visi menanamkan jiwa solidaritas antaranggota pramuka itu dikemas secara baik dalam rangkaian acara yang cukup padat.

Hari pertama, diawali dengan perjalan long march sepanjang 5 km menuju kawasan perkemahan PTPN 9 Agrowisata Kebun Teh Semugih. Perjalanan selama 1 jam itu dilakukan dengan rasa gembira, bernyanyi, dan bertepuk tangan sambil menikmati panorama pemandangan pegunungan. Pukul 16.30 kegiatan tersebut dibuka pada upacara pembukaan oleh Kakak Kristianto, S.Pd yang juga sebagai Ketua BP3P SUPM Tegal. Malam harinya, mereka mendapat penjelasan kegiatan perkemahan.

Hari kedua kegiatan diawali dengan jalan pagi di kawasan perkebunan teh, dilanjutkan dengan senam pagi. Usai isoma, mereka lalu melakukan berbagai macam bentuk permainan outbond yang terbagi menjadi 2 termin, pagi dan sore. Keceriaan nampak jelas di wajah mereka, seperti lupa akan rindu rumah. Sejak pagi hingga sore hari, mereka seperti tak merasaakan penat, tenggelam dalam kegembiraan permainan-permainan outbond.

Malam harinya, mereka mendapat materi kepramukaan hingga pukul 21.00. Di tengah malam, pukul 22.00 mereka dibangunkan di tenda-tenda untuk melakukan jurit malam dan renungan suci. Pada acara renungan suci yang dipandu oleh Saeful Lukman, S.Ag. nampak para anggota pramuka yang melelehkan air mata saat pemandu memberikan gambaran dan nilai-nilai pendidikan. Dalam renungan itu juga diperlihatkan film-film yang menyentuh sisi kemanusiaan dan nilai ketuhanan yang membuat air mata mereka makin berderai.
Di hari ketiga, mereka melakukan widegame. Mereka yang terbagi dalam regu-regu malakukan perjalan dari pos ke pos untuk menyelesaikan tugas. Lokasi widegame sengaja dipilih di kawasan kebun teh yang rindang, indah, dan sejuk. Dan pada malam harinya, mereka mengikuti api unggun dalam suasana kegembiraan. Pada acara ini, setiap regu menampilkan berbagai atraksi dan keseniaan dengan kehangatan kobaran api unggun.
 Pada hari keempat, dilakukan juga kegiatan bakti sosial dengan memberikan bingkisasn dan sumbangan ke Panti Asuhan Dewi Masyithoh yang letaknya tak jauh dari lokasi perkemahan.  Usai bakti sosial, baru dilakukan upacara pelantikan kenaikan pramuka penggalang ke penegak sekaligus penutupan perkemahan.









No comments:

Post a Comment