Selamat Datang di Website SUPM Negeri Tegal
Siswa SUPM Ikuti Pelayaran Lingkar Nusantara IV 
(Pelantara IV)

   Tegal, 12 September 2014
Satu siswa SUPM Tegal, Arshad Bryan Prakasa Putra, yang kini duduk di kelas II Nautika Perikanan Laut (NPL), pada tanggal 3 Agustus hingga 3 September yang mengikuti kegiatan pramuka saka bahari dalam program Pelayaran Lingkar Nusantara (Pelantara) IV yang dislelnggarakan oleh TNI Angkatan Laut. Ia berangkat bersama 9 anggota pramuka Saka Bahari Tegal lainnya menuju Jakarta di Kolin Lamil, Jakarta Utara.

Arshad, putra asal Kabupaten Wonosobo ini, selama 2 hari mendapat pembekalan dan persiapan pelayaran Lingkar Nusantara IV bersama 700 anggota pramuka lainnya yang berasal dari 33 provinsi. Pada hari ketiga, seusai upacara pembukaan, mereka pun menaiki kapal perang KRI Surabaya 591 untuk memulai pelayaran ke berbagai tempat di wilayah Nusantara.
Tujuan pertama pelayaran itu menuju ke Makasar. Di tempat ini mereka bertemu dengan gubernur Makasar dan menuju ke lokasi wisata di Museum Kupu-kupu, Batu Arung. Dari Makasar pelayaran dilanjutkan ke Raja Ampat, Papua Barat. Di tanah Papua ini mereka melakukan perkemahan selama empat hari. Dalam perkemahan itu, para anggota pramuka mendapat pengarahan dari Menteri Pertahanan Indonesia dan juga mengikuti penyambutan Presiden Soesilo Bambang Yudhoyono di Pantai WTC Raja Ampat. Di tempay itu pula dilakukan pengibaran bendera merah putih sepanjang 1000 meter di bukit Pantai WTC. Kibaran bendera dari bukit itulah yang mereka pamerkan kepada presiden pada kunjungan itu.

Usai dari Papua, mereka berlayar menuju ke Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT).  Di NTT ini mereka menemui Gubernur NTT di kantornya yang disambut dengan tari adat NTT. Paginya, mereka langsung berlayar menuju ke Bali. Di tanah para dewata ini, mereka juga menemui gubernur dan melakukan wisata selama dua hari. Dari Bali mereka langsung menuju ke Jakarta.

“Saya sangat bangga, karena saya banyak mendapat ilmu dan pengalaman yang sangat berarti bagi saya,” ujar Arshad. Menurut Arsyad, dia akan menularkan pengalaman dan pengetahuan yang didapatkannya itu kepada teman-teman dan adik kelasnya di sekolah.


No comments:

Post a Comment