Selamat Datang di Website SUPM Negeri Tegal
Panen Perdana Busmetik
“Saya senang karena hasil panennya bagus”


Tegal, 3 Agustus 2014
Meskipun baru berumur 82 hari, namun udang vannamei yang dibudidayakan pada busmetik SUPM Tegal ini sudah mencapai ukuran 65 ekor/Kg. Kondisi udangnya juga bagus dan tingkat kematiannya (mortalitas) hanya 13%. Hal ini diketahui dari hasil panen perdana pada busmetik yang dikembangkan oleh program keahlian Teknologi Budidaya Perikanan (TBP) SUPM Negeri Tegal pada tanggal 3 Agustus yang lalu.

Bibit udang yang ditebarkan dengan kepadatan 150  ekor/m2 pada  lahan seluas 1000 m2 itu menghasilkan panen 2,312 Kg dan menghabiskan pakan sebanyak 2.675 Kg. dengan harga jual udang vannamei Rp. 67.000,-/Kg.
“Saya senang karena hasil panennya bagus,” ujar Kepala SUPM Tegal, Anasri, A.Pi, M.Si. “Ini adalah bukti keseriusan kami menjalankan program ini,” lanjut Anasri yang rajin memantau kegitan program busmetik ini.

Panen perdana ini memang ditargetkan dilakukan 100 hari dari yang diprogramkan. Majunya jadwal pemanenan ini dikarenakan pada hari yang ke-80 kondisi air menunjukkan penurunan kualitas terutama kandungan amonia yang cukup tinggi yang tidak mampu diatasi dan ditemukannya beberapa ekor udang yang mati di dasar kolam. Untuk itulah oleh tim pengelola busmetik ini diputuskan untuk melakukan pemanenan pada hari ke-82.

“Kalau lebih lama lagi, dikhawatirkan akan bertambah jelek dan tingkat kematian udang akan semakin tinggi,” ujar Khaerudin HS, S.Pi, M.Si selaku penanggung jawab teknis.

Khaerudin menambahkan, usai panen perdana ini langsung dilakukan persiapan lahan untuk program penebaran bibit lagi. Program ini diharapkan dapat menghasilkan panen yang baik pula seperti pada panen perdana. Penenbaran direncakan dilakukan pada antara tanggal 4 – 10 Oktober 2014.




No comments:

Post a Comment