Selamat Datang di Website SUPM Negeri Tegal

Tuntas Sudah Seleksi Siswa Baru



Tegal, 1 Juli 2014
Sejak bulan Mei lalu sosialisasi penerimaan siswa baru mulai dilakukan ke berbagai  kawasan minapolitan di wilayah Jawa Barat, Jawa Tengah, DIY, dan Jawa Timur lewat Dinas Kelautan dan Perikanan dan para penyuluh perikanan. Sasarannya adalah para anak pelaku utama di wilayah mina politan. Dari hasil sosialisasi tersebut, dari 370 pendaftar yang memenuhi persyaratan, 114 pendaftar adalah anak pelaku utama.



Sebelum ujian dilaksakan, terlebih dahulu dilakukan supervisi ke rumah para pendaftar pelaku utama. Dari hasil supervisi tersebut, 4 pendaftar dari jalur pelaku utama dinyatakan negatif sebagai pelaku utama. Untuk itu, keempat pendaftar tersebut dimasukkan sebagai pendaftar dari jalur umum.

Sejak tanggal 21 hingga 26 Juni lalu ujian seleksi penerimaan siswa baru SUPM Negeri Tegal Tahun pelajaran 2014/2015 mulai dilaksanakan. Hari pertama ujian seleksi itu dimulai dengan ujian tertulis dan kesehatan. Hari kedua diumumkan kelulusan gelombang pertama dan dilanjutkan dengan ujian fisik. Materi ujian fisik ini terdiri dari lari 12 menit, pull up, push up, sit up, dan suttle run yang diikuti oleh 264 peserta. Dari 110 peserta dari jalur pelaku utama, 96 dinyatakan lulus pada gelombang pertama. Para pendaftar dari jalur pelaku utama yang tidak lulus itu lebih disebabkan faktor kesehatan peserta yang tidak memenuhi persyaratan.

Pada hari ketiga ujian seleksi siswa baru dilanjutkan dengan ujian renang. Materi ujian renang ini terdiri dari berenang dengan jarak 50 meter dan mengapung selama 4 menit. Dari hasil rekap kehaidran peserta ujian, diketahui 16 peserta dari jalur umum tidak mengikuti ujian renang.
Esok harinya, ujian seleksi dilanjutkan dengan ujian wawancara/psikotes. Para peserta yang terbagi dalam beberapa kelas program keahlian satu per satu menghadap para penguji. Hasil ujian fisik, renang, dan wawancara diakumulasikan dan dijadikan dasar untuk menentukan kelulusan tahap kedua atau terakhir setelah pendaftar dari jalur khusus. Hasilnya 210 peserta tes dinyatakan lulus dengan rincian program keahlian NPL 45 orang, TPL 74  orang, TBP 46 orang, dan TPHP sebanyak 45 orang.

“Penyelenggaraannya secara umum bagus, dan hasilnya baik tanpa ada masalah. Untuk itu saya mengucapkan terima kasih pada seluruh panitia yang sudah bekerja dengan baik,” ujar Kepala SUPM Tegal, Anasri, A.Pi, M.Si.

No comments:

Post a Comment