Selamat Datang di Website SUPM Negeri Tegal

MOS Digelar dengan Visi Menanamkan Rasa Kebersamaan

Tegal, 10 Juli 2014
Dengan pendekatan rasa saling asah, asih, dan asuh, Masa Orientasi Sekolah (MOS) bagi Siswa Baru SUPM Negeri Tegal Tahun Pelajaran 2014/2015 diselenggarakan dalam suasana bulan suci Ramadhan. Kegiatan ini direncanakan dibagi dalam dua session. Session pertama kegiatan lebih banyak difokuskan pada ceramah dan kegiatan keagamaan. Session pertama ini dimulai sejak 10 s.d. 19 Juli 2014.

Sebanyak 210 calon siswa ini nampak begitu semangat mengikuti setiap materi yang disampaikan oleh para penceramah, baik dari para pejabat sekolah, maupun dari instansi luar. Beberapa instansi luar yang memberi materi ceramah antara lain dari Walikota Tegal selaku Ibu Siswa-siswi dengan tema tatakrama pergaulan, Polresta Tegal dengan tema bahaya narkoba, Lanal Tegal dengan tema wawasan kebaharian, Dinas Kelautan dan Perikanan Kota Tegal dengan tema pembangunan sektor perikanan, Dinas Kesehatan Kota Tegal dengan tema kesadaran hidup sehat, dan Polsekta Tegal Timur dengan tema kesadaran hukum.
Para calon selain mengikuti berbagai ceramah yang menyangkut penyelenggaraan pendidikan di SUPM Tegal, juga mengikuti berbagai aktivitas keagamaan yang diselenggarakan dalam rangka bulan suci Ramadhan.

Selama MOS berlangsung, seluruh pengurus OSIS, turut mendampingi mereka dalam setiap session. Untuk itu, sebelum kegiatan MOS, para pengurus OSIS ini terlebih dahulu telah diberi bekal oleh Kepala SUPM Tegal dan beberapa guru dan pembina kesiswaan. Pembekalan itu bertujuan untuk memberi pemahaman dan keterampilan  para Pengurus OSIS dalam melakukan pendampingan calon siswa selama mengikuti MOS.

Pada session kedua MOS yang direncanakan akan berlangsung usai libur lebaran materi pendidikan fisik, mental, dan disiplin (PFMD) baru akan diberikan hingga saat pelantikan siswa baru nanti. Materi ini akan dipimpin oleh para binsis dan beberapa orang guru. Selain PFMD, materi outbond dan pengenalan lingkungan sekolah juga akan diberikan. Kegiatan pada session kedua ini memang diproyeksikan pada penumbuhan rasa kebersamaan dan kepedulian terhadap orang lain dan lingkungan.

“Saya menekankan dalam MOS ini semua warga sekolah untuk lebih peduli dan terlibat dengan perhatian seorang yang lebih tua terhadap anak-anaknya. Jadi siapapun saya tekankan untuk merasakan bagaimana memberi perhatian yang khusus pada para calon siswa dan kakak-kakak kelasnya,” ujar Anasri, A.Pi, M.Si saat memberi arahan dalam rapat dengan seluruh guru.

No comments:

Post a Comment