Selamat Datang di Website SUPM Negeri Tegal
Purwanto, S.Pi

Memilih Setia pada Tugas


Jangan cari Purwanto (30)  di sekolah. Dijamin bakal susah menemuinya. Tapi, cari saja dia di tambak. Siang atau malam, pasti bakal berjumpa dengannya. Begitu kata teman-teman sejawatnya bila ada seseorang yang ingin menemuinya. Memang susah melihat wajahnya yang lugu itu muncul di sekolah. Ada yang bilang dia itu seperti ikan betik, ke sekolah cuma ‘nylumek’.

Karyawan muda, alumni SUPM Tegal  pada 2001 ini memang lain dari pada yang lain. Ia tulus dan setia pada tugasnya. Apalagi sejak instalasi tambak Busmetik mulai dijalankan. Keinginannya yang kuat agar hasil kerjanya bisa berhasil dengan baik telah ia tunjukkan tanpa dengan kata-kata. Meskipun kesehariannya ia  tak nampak lagi sebgai seorang PNS yang kebanyakan berpenampilan necis dengan sapatu mengkilat.
“Bagi saya tugas itu nomor satu. Soal harus meninggalkan urusan lain, itu tak jadi soal,” tutur dia di gubuknya yang menghadap ke arah tambak Busmetik. Katanya dalam menjalankan tugas yang penting pula baginya adalah kerjakan apa yang ditulis dan tulis apa yang dikerjakan. 
Namun sebagai seorang PNS, setiap pagi dan sore hari ia tetap rajin menempelkan jempolnya di mesin absen kehadiran. Makanya, sudah beberapa tahun ini ia dipercaya terus sebagai penanggung jawab instalasi tambak. Sejak instalasi ini dipegangnya secara rapi ia melakukan pembukuan dan mengisi data perawatan udang pada busmetik yang menjadi tanggung jawabnya.

“Purwanto itu apa adanya, terbuka, dan benar-benar punya tanggung jawab. Jam berapa saja ia sering ada di tambak. Menjaga, dan merawat udang seperti merawat anak kecilnya,” ujar Kusmadi (71) yang setiap hari menjaga keamanan tambak.

Purwanto, sarjana perikanan yang sudah lulus dari sebuah perguruan tinggi swasta di Kota Tegal pada tahun 2009 dan diangkat sebagai PNS pada 2005 ini, kini sudah dikaruniai dua orang anak dari seorang istri, Sustihartini, S.Pd seorang guru sekolah dasar di desanya. Purwanto memang sosok seorang PNS muda yang pantas dijadikan contoh. Kesetiaan pada tugas dan tanggung jawab, telah membentuk sikap kerjanya yang bermental hebat.

1 comment:

  1. Inspiratif sekali
    Kami menyediakan mesin absensi sidik jari dengan harga yang sangat terjangkau. Harga mulai 600ribuan. www.kanasecure.com/index.php

    ReplyDelete