Selamat Datang di Website SUPM Negeri Tegal

Ramadhan Jadi Basis Pembentukan Mental Siswa



Tegal, 18 Juli 2014
Bulan Ramadhan yang selalu dirindui oleh kaum muslim dengan ampunan dosa dan limpahan kebaikan dari Allah SWT. agaknya tak disia-siakan guna membentuk mental dan kepribadian siswa SUPM Tegal. Untuk itulah berbagai kegiatan ibadah menjadi kegiatan yang wajib diikuti bagi seluruh siswa yang muslim. Masjid Nurul Bahar yang berdiri megah di tengah kompleks kampus SUPM Tegal nyaris tak pernah sepi.

“Suasananya kayak di pesantren yah, Pak,” ujar Karnadi (51) seorang buruh pengolah ikan yang kebetulan sedang membongkar ikan di instalasi Tefa pengolahan ikan SUPM Tegal.
Memang begitulah suasananya sepanjang hari setelah siswa menyelesaikan jam pelajaran. Sejak pukul 03.30 siswa sudah dibangunkan untuk sahur, sholat Subuh berjamaah, dan mengikuti pengajian pagi. Begitu juga pada siang hari, mereka sholat Dzuhur berjamaah bersama para guru dan karyawan. Sore harinya, mereka sholat Ashar dan bertadarus di masjid. Usai buka bersama, mereka juga melakukan sholat Magrib, dilanjutkan Isya dan Tarawih. Dan usai tarawih, banyak pula siswa-siswi yang bertadarus Al Qur’an hingga pukul 22.00 malam.
Di tengah kemeriahan selama bulan Ramadhan, setiap hari Kamis jam 11.00 dilaksanakan pula pengajian agama dengan mendatangkan penceramah dari luar. Seluruh siswa, guru, dan karyawan mengikutinya dengan baik dan dilanjutkan sholat Dzuhur berjamaah.
Dari kegiatan tadarus Al Qur’an pada tanggal 18 Juli sebelum siswa diliburkan, di masjid Nurul Bahar diadakan hataman Al Qur’an. Kegiatan ini dipimpin oleh Saeful Lukman, S.Ag, guru Pendidikan Agama Islam SUPM Tegal yang juga seorang hafidz Al Qur’an.
“Kegiatan ini sebenarnya sudah rutin kita jalankan. Hanya kebetulan ini bertepatan dengan MOS jadi kita manfaatkan pula untuk memberi pencerahan dan motivasi membaca Al Qur’an pada para siswa baru,” ujar Saeful Lukman usai memimpin doa khotmil Qur’an.



No comments:

Post a Comment