Selamat Datang di Website SUPM Negeri Tegal
SUPM Tegal Selenggarakan Pelatihan HACCP


SUPM Tegal menyelenggarakan Pelatihan Hazard Analysis Critical Control Zpoint (HACCP) tingkat dasar sejak tanggal 19 – 22 April lalu. Kegiatan rutin tahunan ini adalah bentuk kerja sama antara Badan Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan dengan SUPM Tegal. Peserta pelatihan HACCP ini tidak hanya siswa program keahlian Pengolahan Hasil Perikanan (PHP) SUPM Tegal yang berjumlah 33 siswa saja, tetapi diikuti juga siswa dari SMK Negeri 4 Probolinggo, sebanyak 6 siswa, siswa SMK Muhammadiyah Tuban, sebanyak 29 siswa dan 2 orang guru, serta 2 orang dari PT. SAC Jakarta.

Dalam sambutan pembukaan pelatihan yang dihadiri oleh Kepala Bidang Inspeksi dan Verifikasi, Pusat Sertifikasi Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan, Tri Handayani, M.Si , Kepala SUPM Tegal menyampaikan pentingnya siswa program keahlian PHP membekali dirinya dengan sertifikat HACCP itu.

Usai pembukaan, materi pelatihanpun langsung diberikan pada peserta. Hari pertamadan kedua, diisi oleh Tri Handayani dengan materi Kebijakan Sistim Jaminan Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan. Di hari ketiga dan keempat, Eti Sulistiyowati dan Titis Sulistiyowati, Staf Sub Bidang Verifikasi dan Tindak menyampaikan materi Kemunduran Mutu dan Pengantar Praktek HCCP, serta Praktek Penyusunan Manual HACCP. Pada pelatihan ini juga dilakukan kunjungan ke pabrik pengolahan ikan di PT. Sumbu Cirebon dan PT. Jaya Sakti Cirebon. Usai kunjungan, para peserta segera menyusun laporan. Esok paginya, para peserta yang terbagi dalam tiga kelompok menyampaikan presentasi di hadapan instruktur dan peserta. Kegiatan yang cukup melelahkan itu ditutup dengan evaluasi.



No comments:

Post a Comment