Selamat Datang di Website SUPM Negeri Tegal

SEMINAR HASIL PTK DIGELAR DI SUPM TEGAL

Dua hasil Penelitian Tindakan Kelas (PTK) oleh dua orang guru SUPM Tegal, Drs. Hendro Soetarto, M.Pd. dan Ubaidillah, S.Pd, pada 25 Oktober yang lalu diseminarkan di hadapan kepala dan guru-guru SUPM Tegal serta beberapa guru dari sekolah lain. Seminar hasil PTK yang baru pertama ada di SUPM Tegal ini mendapat apreasiasi yang baik dari para peserta seminar. “Ini bagus dan mendorong kita untuk melakukan PTK,” ujar Endang Sri W, S.Pd., seorang guru senior di SUPM Tegal.

Ubaidillah, S.Pd menampilkan hasil PTKnya tentang Pembelajaran Memahami Perintah Kerja Tertulis dengan Model Pembelajaran Kooperatif Type Think, Write, and Talk pada Siswa Kelas II Program Keahlian Teknologi Budidaya Perikanan (TBP) Semester 3 SUPM Negeri Tegal Tahun Pelajaran 2011/2012. 

Darihasil anĂ¡lisis terhadap data hasilpenilaiansiswa pada siklus I dan siklus II dapatdiketahuibahwahasilpenilaiansebelumtindakandiketahuisiswa yang telahlulusdengan KKM 66 hanya 7 siswaatau 24,1%. Sedangkan pada data hasilpenilaiansetelahtindakan pada siklus I dapatdiketahuidari  29 siswa yang dinyatakantelahluluskompetensisebanyak 22 siswaatau 75,9%. Dengandemikian pada hasiltindakan pada siklus I meningkatsebesar 51,7%. Begitu juga pada hasil rata-rata kelasterhadappenilaianhasilbelajarsiswameningkatsebesar 17,24%.

Selanjutnya, setelahdilakukan anĂ¡lisis terhadap data hasilpenilaian pada siklus II mengalamipeningkatandarisiklus I sebesar 27,6%. Haltersebutmenunjukkanbahwaperbaikan-perbaikanprosespembelajaranmemahamiperintahkerjatertulisdenganmenggunakanmetodethink, write, and talkmenunjukkanhasil yang positifterhappeningkatanhasilbelajarsiswa.

Dari data observasi terhadap siswa menunjukkan bahwa siswa secara aktif melakukan proses pembelajaran. Hal ini terlihat pula dari motivasi yang kuat dalam  melakukan diskusi merencanakan penggalian informasi pada sumber belajar, mendiskusikan hasil kunjungan, dan merumuskan laporan kerja penilaian proyek. Selain itu, siswa juga secara aktif melakukan diskusi dan melakukan tanya jawab antaranggota kelompok maupun antarkelompok.

Dari data jurnal sebagian besar siswa memberi catatan merasa senang dengan model pembelajaran think, write, and talk.  Dari data angket menunjukkan bahwa pembelajaran memahami perintah kerja tertulis dengan model kooperatif tipe think, write, and talk dapat dirasakan oleh siswa lebih`menyenangkan (100%), lebihmudahmemahamipelajaran (100%), lebihbanyakmenggalimateri (100%), lebihberanimengemukakanpendapat (100%),  mendorongsiswalebihkreatif (96,6%), dan siswatidakmengalamikesulitan (48,2%) .

Sedangkan Drs. Hendro Soetarto, M.Pd, menampilkan hasil PTKnya dengan judul “Peningkatan Prestasi Belajar Siswa dengan Metode TAI pada Mata Pelajaran Matematika di SUPM Negeri Tegal.” Konsep pembelajaran Team assisted indiviualitation  (TAI) ini  menekankan pada pembelajaran kelompok dengan kawan sendiri sebagai asisten. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan pembelajaran TAI ini meningkatkan prestasi hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika, sekaligus meningkatkan keaktifan siswa, dan terasa menyenangkan.


No comments:

Post a Comment