SEMINAR HASIL PTK DIGELAR DI SUPM
TEGAL
Dua hasil Penelitian Tindakan Kelas (PTK) oleh
dua orang guru SUPM Tegal, Drs. Hendro Soetarto, M.Pd. dan Ubaidillah, S.Pd,
pada 25 Oktober yang lalu diseminarkan di hadapan kepala dan guru-guru SUPM
Tegal serta beberapa guru dari sekolah lain. Seminar hasil PTK yang baru
pertama ada di SUPM Tegal ini mendapat apreasiasi yang baik dari para peserta
seminar. “Ini bagus dan mendorong kita untuk melakukan PTK,” ujar Endang Sri W,
S.Pd., seorang guru senior di SUPM Tegal.
Ubaidillah, S.Pd menampilkan hasil
PTKnya tentang Pembelajaran Memahami Perintah Kerja Tertulis dengan Model
Pembelajaran Kooperatif Type Think, Write,
and Talk pada Siswa Kelas II Program Keahlian Teknologi Budidaya Perikanan
(TBP) Semester 3 SUPM Negeri Tegal Tahun Pelajaran 2011/2012.
Darihasil anĂ¡lisis terhadap data
hasilpenilaiansiswa pada siklus I dan siklus II dapatdiketahuibahwahasilpenilaiansebelumtindakandiketahuisiswa yang
telahlulusdengan KKM 66 hanya 7 siswaatau 24,1%. Sedangkan pada data
hasilpenilaiansetelahtindakan pada siklus I dapatdiketahuidari 29 siswa yang
dinyatakantelahluluskompetensisebanyak 22 siswaatau 75,9%. Dengandemikian pada
hasiltindakan pada siklus I meningkatsebesar 51,7%. Begitu juga pada hasil
rata-rata kelasterhadappenilaianhasilbelajarsiswameningkatsebesar 17,24%.
Selanjutnya,
setelahdilakukan anĂ¡lisis terhadap data hasilpenilaian pada siklus II
mengalamipeningkatandarisiklus I sebesar 27,6%.
Haltersebutmenunjukkanbahwaperbaikan-perbaikanprosespembelajaranmemahamiperintahkerjatertulisdenganmenggunakanmetodethink,
write, and talkmenunjukkanhasil yang
positifterhappeningkatanhasilbelajarsiswa.
Dari data
observasi terhadap siswa menunjukkan bahwa siswa secara aktif melakukan proses
pembelajaran. Hal ini terlihat pula dari motivasi yang kuat dalam melakukan diskusi merencanakan penggalian
informasi pada sumber belajar, mendiskusikan hasil kunjungan, dan merumuskan
laporan kerja penilaian proyek. Selain itu, siswa juga secara aktif melakukan
diskusi dan melakukan tanya jawab antaranggota kelompok maupun antarkelompok.
Dari data jurnal
sebagian besar siswa memberi catatan merasa senang dengan model pembelajaran think, write, and talk. Dari data angket menunjukkan bahwa
pembelajaran memahami perintah kerja tertulis dengan model kooperatif tipe think, write, and talk dapat dirasakan
oleh siswa lebih`menyenangkan
(100%), lebihmudahmemahamipelajaran (100%), lebihbanyakmenggalimateri (100%),
lebihberanimengemukakanpendapat (100%),
mendorongsiswalebihkreatif (96,6%), dan siswatidakmengalamikesulitan
(48,2%) .
Sedangkan Drs.
Hendro Soetarto, M.Pd, menampilkan hasil PTKnya dengan judul “Peningkatan Prestasi Belajar Siswa dengan
Metode TAI pada Mata Pelajaran Matematika di SUPM Negeri Tegal.” Konsep
pembelajaran Team assisted indiviualitation (TAI) ini
menekankan pada pembelajaran kelompok dengan kawan sendiri sebagai
asisten. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan pembelajaran TAI ini
meningkatkan prestasi hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika,
sekaligus meningkatkan keaktifan siswa, dan terasa menyenangkan.
No comments:
Post a Comment