Selamat Datang di Website SUPM Tegal

KOMPETENSI KEAHLIAN


TUJUAN


Tujuan pendidikan di SUPM Tegal adalah menyiapkan manusia yang bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, professional dan memiliki tanggung jawab nasional dalam rangka memenuhi kebutuhan tenaga trampil yang berwawasan bisnis dan memiliki penguasaan teknis dan manajerial serta mampu mengelola dan mengembangkan usaha perikanan secara mandiri dan berkelanjutan.

SISTEM PENDIDIKAN

SUPM menerapkan kurikulum berstandar nasional dan internasional seperti Standard Training Course of Watchkeeping – for Fishing Vessel Personel (STCW-F) 1995, Hazard Analysis Critical Control Point (HACCP), Analisis Mengenai Dampak Lingkungan (AMDAL) , maupun Good Aquaculture Practice dengan menerapkan sistem manajemen mutu ISO-9001-2000.

Pendidikan difokuskan kepada penguasaan ketrampilan sehingga memiliki kompetensi di bidang kelautan dan perikanan serta pembinaan kedisiplinan tinggi dan pembentukan karakter peserta didik.

Lulusan SUPM mendapatkan setifikat profesi sesuai dengan program studinya, seperti : Ahli Nautika Kapal Penangkap Ikan (Ankapin)-II, Ahli Teknika Kapal Penangkap Ikan (Atkapin) –II, Teknisi Budidaya Ikan dan Asisten Pengolah Ikan.
Para lulusan diharapkan menjadi tenaga profesional yang mampu menciptakan lapangan kerja bagi dirinya maupun orang lain atau bekerja sebagai tenaga teknis profesional pada perusahaan perikanan, di bidang pemerintahan, lembaga riset, lembaga pendidikan dan pelatihan kelautan dan perkanan.


PROGRAM STUDI

SUPM Tegal menyelenggarakan 4 program studi, yaitu :
  • Nautika Kapal Penangkap Ikan (NKPI)
  • Teknika Kapal Penangkap Ikan (TKPI)
  • Agribisnis Perikanan Air Payau dan Laut (APAPL)
  • Agribisnis Pengolahan Hasil Perikanan (APHP)

Nautika Kapal Penangkap Ikan (NKPI)

Program studi ini memberikan kesempatan untuk menambah pengetahuan dan ketrampilan di bidang Teknik Penangkapan Ikan dan Navigasi Kapal Penangkap Ikan.
Para siswa didorong menerapkan teknik penangkapan ikan modern yang ramah lingkungan demi menjaga kelestarian sumber daya perikanan.

Profile Lulusan :
Mampu melayarkan dan mengopera-sikan kapal untuk usaha penangkapan ikan

Teknika Kapal Penangkap Ikan (TKPI)

Program studi ini memberikan kesem patan untuk menambah pengetahu-an dan ketrampilan di bidang teknik permesinan seperti mesin pengge-rak kapal, pesawat bantu, mesin pendingin, listrik dan elektronika kapal penangkap ikan.
Para siswa didorong menerapkan teknik permesinan kapal ikan mo-dern yang efektif, efisien dan ramah lingkungan demi menjaga kelestarian lingkungan sumber daya perikanan.

Profile Lulusan :
Mampu mengoperasikan, merawat dan memperbaiki mesin-mesin perikanan guna mendukung kegiatan penangkapan ikan atau usaha lainnya

Agribisnis Perikanan Air Payau dan Laut (APAPL)

Program studi ini memberikan kesem patan untuk menambah pengetahu an dan ketrampilan di bidang teknik dan pengembangan budidaya ikan maupun komoditas perikanan lain yang bernilai ekonomis penting.
Para siswa didorong menerapkan sistem dan teknik budidaya kan yang baik guna menjaga kelestarian lingkungan sumber daya perikanan.

Profile Lulusan :
Mampu melaksanakan pembenihan maupun pembesaran ikan dan komoditas perikanan lainnya dalam kegiatan budidaya perikanan air tawar, air payau maupun laut.

Agribisnis Pengolahan Hasil Perikanan (APHP)

Program studi ini memberikan ke-sempatan untuk menambah penge tahuan dan ketrampilan di bidang teknik pengolahan dan pengawasan mutu olahan hasil perikanan .
Para siswa didorong menerapkan sistem dan teknik pengolahan tradi-sional dan modern guna menghasil kan produk bermutu dan hygienis sesuai dengan ketentuan dalam HACCP.

Profile Lulusan :
Mampu melaksanakan kegiatan usaha pengolahan dan melakukan pengawasan mutu hasil perikanan.





No comments:

Post a Comment