Selamat Datang di Website SUPM Negeri Tegal

Jenis Perawatan Kapal Penangkap Ikan

Oleh : Sujiyanto, S.St.Pi


1. Perawatan Rutin


Perawatan rutin adalah perawatan kontruksi kapal yang dilakukan setiap hari secara teratur yang meliputi kontruksi kapal yang berada diatas permukaan air laut. Pekerjaan yang termasuk di dalam kegiatan perawatan rutin yaitu :

  • Pembersihan dan pengecatan kontruksi kapal;
  • Pendempulan dan pemakalan kampuh kapal yang rusak;
  • Perbaikan bagian kontruksi yang rusak.

2. Perawatan Periodik


Perawatan periodik adalah perawatan kontruksi kapal khususnya kapal kayu dilakukan setiap periode waktu enam bulan yang meliputi kontruksi kapal yang berada dibawah permukaan air laut.

Untuk perwatan periodik kapal kayu harus dilakukan docking kapal ada dua cara pengedokan kapal yaitu

  • Pengedokan kapal secara mekanis
  • Pengedokan kapal secara tradisonal

Pengedokan kapal dengan cara tradisional ditentukan oleh tinggi rendahnya pasang surut didaerah sekitar galangan kapal. Apabila perbedaan pasang surut cukup tinggi maka kapal cukup dikandaskan pada daratan dan selanjutnya dipasang balok penyangga pada lambung kanan-kiri kapal agar kapal tetap dalam posisi tegak harus diperhatikan dalam pengedokan dilakukan secara tradisonal yaitu dasar perairan harus berupa pasir atau lumpur.


3. Docking Besar


Docking besar adalah merupakan perawatan kapal penangkap ikan yang dikerjakan diatas kapal dan di darat khususnya galangan kapal rakyat yang mencakup seluruh kapal, antara lain:

  • Kasko kapal
  • Mesin kapal
  • Mesin bantu kapal
  • Alat keselamatan
  • Alat navigasi
  • Lampu Penerangan
  • As dan baling – baling
  • Daun dan as kemudi

1 comment: