Selamat Datang di Website SUPM Negeri Tegal
Kegiatan Pengembangan Minat Kewirausahaan Siswa

Kegiatan pengembangan minat kewirausahaan siswa merupakan suatu kegiatan untuk menumbuhkan jiwa wirausaha bagi siswa SUPM Negeri Tegal, program keahlian Teknologi Pengolahan Hasil Perikanan (TPHP). Dengan harapan setelah menyelesaikan pendidikan di SUPM Negeri Tegal lulusan mempunyai bekal menjadi wirausahawan yang disiplin, berdaya saing dan mampu mengikuti perkembangan industri pengolahan hasil perikanan. Disamping mampu memproduksi hasil olahan perikanan, para siswa juga diharapkan mempunyai mental pemasaran/penjualan produk.

Adapun produk olahan yang dihasilkan oleh kegiatan pengembangan minat kewirausahaan siswa yang dilaksanakan di Instalasi  Lab. TPHP antara lain : 

            1.        Kaki naga ikan         5.   Fish stick
            2.      Otak-otak ikan        6.  Siomay 
            3.       Keong mas                7.  Bakso ikan
            4.      Ekado


Setiap hari secara kontinyu sekitar 3-4 siswa-siswi melakukan kegiatan usaha ini dibawah bimbingan para guru pengolahan. Berikut adalah salah satu contoh kegiatan produksi yang dilakukan siswa SUPM Negeri Tegal yaitu pembuatan otak-otak ikan dan Kaki naga ikan.

Erina Egina dan  Erni Safitri, siswa SUPM Tegal Program Keahlian TPHP Semester I didampingi 
Widiyanto, S.Pi  Guru Pengolahan, sedang membuat produk Kaki Naga dan Otak-otak ikan.
Produk olahan ikan yang dihasilkan siswa-siswi SUPM N Tegal, dikemas dengan berat bersih 250gr dan dipasarkan dengan harga bervariasi sesuai produk. Pemasaran mencakup pasar lokal yakni wilayah Tegal dan sekitarnya maupun luar daerah Tegal.

Pengin cerdas? Ya makan ikan...

(WD)

No comments:

Post a Comment